EPROCUREMENT BUMN PADA PADI UMKM BEGITU TRANSAPARAN DAN MEMUDAHKAN

PaDi UMKM hadir pada Agustus 2020 lalu sebagai platform digital pengadaan barang dan jasa yang siap untuk membantu UMKM secara digital dalam berbagai transaksi dari yang kecil hingga yang besar. Pada platform digital ini terdapat fitur B2B dan B2C yang nantinya akan ada penambahan fitur hebat lainnya yaitu PaDi e-procurement, yaitu eprocurement BUMN yang nantinya siap launching untuk membantu para pengusaha lokal agar siap bersaing dalam projek-projek besar.

Eprocurement BUMN milik PaDi UMKM ini memiliki alesan mengapa pengusaha lokal harus menggunakan fitur ini yaitu  karena Bentuk Komitmen BUMN untuk transparansi pengadaan Barang/jasa, lalu berikutnya karena Bentuk Komitmen BUMN untuk pengembangan UMKM, selanjutnya Kesempatan UMKM untuk berpartisipasi lebih banyak dalam pengadaan BUMN berikutnya Akselerasi proses bisnis pengadaan BUMN hingga 40%, Peningkatan efisiensi biaya pengadaan Barang/jasa hingga 14%, Bentuk Komitmen BUMN untuk transformasi digital menuju pengadaan modern, Analisis data pengadaan melalui Control Tower.

PaDi UMKM menghadirkan eprocurement BUMN ini karena Tingginya potensi UMKM dalam menjadi roda utama penggerak ekonomi bangsa di berbagai situasi ekonomi, membuat Kementerian BUMN dan seluruh BUMN bersinergi membangun platform yang dapat menggerakkan ekosistem UMKM secara digital dan sistematis dalam skala nasional berkelanjutan. Untuk itulah PaDi UMKM hadir. Pasar Digital (PaDi) UMKM dan fitur-fitur di dalamnya, didesain untuk meningkatkan kompetensi dan mengembangkan UMKM secara sistematis di era digital, pada skala nasional maupun global.

Eprocurement BUMN memungkinkan untuk menutup celah korupsi pengadaan barang dan jasa, eProcurement BUMN saat ini menjadi salah satu pendekatan terbaik dalam mencegah terjadinya korupsi dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah. Dengan adanya e-procurement peluang untuk menjalankan kongkalikong antara penyedia barang/jasa dengan panitia pengadaan bisa diminimalisir, lebih transparan, lebih efisien waktu dan biaya serta dalam pelaksanaannya mudah untuk melakukan laporan keuangan.

Perlu diketahui, PaDi UMKM terdapat dua macam yaitu PaDi UMKM B2B yang merupakan platform untuk mempertemukan BUMN dengan produk lokal berkualitas milik BUMN yang dapat ditransaksikan secara B2B. Selanjutnya, PaDi UMKM B2C yang mana membantu UMKM baik binaan BUMN maupun UMKM mandiri untuk mengakses pasar B2C melalui berbagai marketplace dengan pengelolaan produk dan transaksi yang terpusat. Kemudian PaDi UMKM juga memiliki PaDi UMKM Financing yang merupakan fitur pengajuan modal pinjaman bisnis yang dapat membantu UMKM untuk berkembang dan meningkatkan kapabilitas.

Pengadaan barang dan jasa BUMN yang tersedia dalam platform digital ini akan dikemas secara lengkap dan transparan. Beberapa Fitur PaDi UMKM seperti Control Tower Dashboard yang dimana menyajikan informasi terkait UMKM dan pembelanjaan BUMN terhadap UMKM yang dapat dimanfaatkan oleh Pemerintah dan Kementerian BUMN sebagai dasar analisa untuk penentu kebijakan. Serta eprocurement bumn pada PaDi UMKM untuk memberikan transaksi aman dan nyaman serta transparan hingga membuat para pembeli dan penjual di dalamnya merasa aman.